rabbit lover

Mengenal Berbagai Manfaat Memiliki Binatang Piaraan Untuk Anak dan Kesehatan

Tanpa Anda sadari ternyata dibalik hoby memelihara binatang peliharaan terdapat manfaat yang luar biasa. Apalagi untuk anak-anak. Banyak hal yang bisa diajarkan ke anak lewat kegiatan memelihara hewan piaraan seperti ini.

Tetapi di sisi lain bisa dikatakan jika memilih hewan piaraan seperti kucing atau kelinci untuk anak memang agak tricky. Namun terlepas dari itu semua, pemilihan hewan piaraan yang tepat disebut mampu melatih empati serta tanggung jawab dalam diri anak.

Uniknya lagi, memiliki hewan piaraan tidak hanya berdampak positif terhadap tumbuh kembang anak. Lebih dari itu, hal ini juga memiliki manfaat yang sangat besar dari sudut pandang kesehatan.

Istimewanya, manfaat memiliki hewan piaraan untuk kesehatan ini tidak hanya berlaku kepada anak-anak saja. Lebih dari itu, siapapun yang memiliki binatang piaraan di rumah bisa mengambil semua manfaat tersebut.

Manfaat Memiliki Binatang Piaraan Bagi Anak

Masih cukup banyak yang belum menyadari jika merawat hewan peliharaan bisa menjadi pengalaman yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Alhasil banyak orang tua dengan alasan tertentu melarang keras anaknya memiliki binatang piaraan.

Meskipun demikian, Anda tidak boleh menilai apa yang dilakukan oleh sebagian orang tua tadi salah. Pasalnya Anda tidak tahu apa yang dijadikan pertimbangan sehingga melarang anaknya memiliki hewan piaraan.
Namun beruntunglah bagi Anda para orang tua yang mengizinkan si kecil memiliki hewan peliharaan.

Pasalnya menurut hasil dari beberapa penelitian menunjukkan jika banyak sekali manfaat atau keuntungan yang diperoleh anak dari kegiatan memelihara binatang peliharaan, diantaranya seperti:

  1. Manfaat FisikTernyata anak yang memiliki hewan piaraan akan membuat kemampuan motoriknya menjadi semakin terasah. Hal ini disebabkan anak akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk melakukan berbagai aktivitas fisik dibanding bermain smartphone atau menonton TV.
    Hal ini diperkuat dengan hasil sebuah studi yang dilakukan di Inggris. Hasil studi tersebut menunjukkan anak yang memiliki binatang piaraan akan menghabiskan waktu 11 menit lebih lama dengan beraktivitas fisik.
    Memang jumlah 11 menit ini mungkin tidak terlihat signifikan. Namun di era berbasis digital seperti sekarang ini, bisa dijadikan sebagai terapi kecil para orang tua yang anaknya sudah terlanjur kecanduan smartphone.
  2. Manfaat SosialFakta membuktikan jika binatang peliharaan bisa menjadi teman baik bagi pemiliknya. Selain itu terkadang binatang piaraan juga bisa menjadi jembatan bagi si kecil untuk mendapatkan teman baru.
    Hal ini diperkuat oleh statement dari Dr. Lisa Wood yang merupakan peneliti senior di University of Western Australia. Ia mengatakan jika kepemilikan hewan piaraan terbukti menjadi faktor penting dalam memfasilitasi interaksi sosial serta membangun pertemanan di lingkungannya.
  3. Manfaat EmosionalBerdasarkan laporan yang dikeluarkan oleh Dewan Kesehatan Hewan Peliharaan di AS, anak yang memiliki hewan piaraan cenderung lebih memiliki rasa percaya diri dibanding anak yang tidak memiliki hewan piaraan.
    Hal ini disebabkan anak akan terbiasa mengobrol dengan hewan piaraannya. Dan di sisi lain hewan piaraannya tidak akan mengejek kata-kata si kecil sekalipun salah. Ternyata hal semacam ini bisa berdampak sangat besar terhadap psikologi anak.Selain itu, anak yang memiliki binatang piaraan juga dikatakan lebih mudah menunjukkan empati. Hal ini disebabkan mereka sudah terbiasa merawat makhluk hidup. Meskipun di sisi lain masih sering dibantu oleh para orang tuanya.
  4. Manfaat KognitifTernyata memelihara binatang piaraan dengan penuh kasih sayang bisa berdampak positif terhadap kecerdasan anak. Fakta ini berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2011.
    Hasil penelitian tersebut menunjukkan jika anak yang sering berkomunikasi dengan binatang piaraannya di rumah ternyata lebih pemberani di kelas. Selain itu anak juga kemungkinan akan lebih menaruh ketertarikan terhadap pelajaran ilmu pengetahuan alam.
  5. Membantu Perkembangan AnakLewat binatang piaraan, sebenarnya para orang tua bisa mengajarkan kasih sayang, tanggung jawab, dan empati kepada anak. Selain itu, pada saat si kecil bermain dengan binatang piaraannya, bisa meningkatkan imajinasi dan rasa ingin tahunya.Bahkan pada saat hubungan anak sudah sangat dekat dengan binatang peliharaannya, semisal anjing, anak bisa belajar mengekspresikan perasaannya dengan lebih banyak cara dan lebih ekspresif lagi.
  6. Membantu Anak Yang Menderita AutismeTernyata anak dengan autisme atau gangguan belajar bisa berinteraksi dengan binatang peliharaannya lebih baik dibanding orang lain. Hal ini bisa jadi disebabkan anak autis lebih sering mengandalkan isyarat non-verbal untuk berkomunikasi, seperti halnya binatang piaraan.Bahkan dikatakan juga bahwa binatang piaraan bisa membantu anak-anak dengan ketidakmampuan belajar untuk mengetahui cara menenangkan diri hingga bagaimana cara mengatur depresi dan stres.
    Manfaat Memiliki Binatang Piaraan Bagi KesehatanDi atas sudah sedikit disinggung jika memiliki binatang piaraan bisa memberikan efek positif terhadap kesehatan pemiliknya. Bahkan manfaat tersebut tidak hanya dirasakan oleh pemiliknya saja, tapi juga orang-orang yang tinggal serumah dengannya.

Memangnya apa saja manfaat memiliki hewan piaraan bagi kesehatan?

cat lover
Meningkatkan Kekebalan Tubuh
Memiliki bitanatang piaraan dikatakan mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kenapa demikian? Memiliki binatang piaraan di rumah ternyata bisa membantu menurunkan kemungkinan anak menderita alergi tertentu. Terbiasa bermain dan akrab dengan binatang piaraan sejak masa anak-anak dapat mengembangkan sistem kekebalan tubuh lebih kuat.

Menurunkan Tekanan Darah
Nah, ini cocok bagi Anda yang ada riwayat darah tinggi atau hipertensi. Sebab tingkah lucu dari binatang piaraan saat menghibur pemiliknya ternyata bisa menurunkan tekanan darah pada saat-saat stres yang dialami oleh pemiliknya.

Menghilangkan Stres Dan Depresi
Manfaat ketiga ini sebenarnya masih ada hubungannya dengan poin ke dua di atas. Pasalnya hewan piaraan dianggap bisa menjadi stimulus yang baik untuk meningkatkan suasana hati sekaligus bisa menghilangkan rasa kesepian.

Membuat Jantung Lebih Sehat
Sepertinya tampak mengada-ada jika memelihara binatang piaraan bisa membuat jantung lebih sehat. Tapi faktanya memang benar seperti itu. Terlebih lagi jika hewan piaraan Anda adalah anjing atau kucing.
Hal ini dikarenakan kebiasaan membawa anjing atau kucing jalan-jalan tanpa Anda sadari mampu membantu kinerja jantung lebih sehat. Bagi Anda yang malas berolahraga, mungkin ini bisa menjadi solusi paling solutif yang bisa Anda pilih.

Membantu Menurunkan Berat Badan
Ternyata kebiasaan membawa binatang piaraan jalan-jalan semisal anjing bisa meningkatkan kebugaran atau aktivitas fisik para pemiliknya. Apalagi kecepatan berjalan saat membawa anjing bisa membuat seseorang berjalan jauh lebih cepat dibandingkan dengan orang-orang yang berjalan pada umumnya. Hal ini tampaknya bisa dijadikan sebagai strategi diet yang menghibur.

Membantu Terapi Dan Merehabilitasi Dari Penyakit
Banyak buktinya jika hewan sering digunakan sebagai alat terapi proses rehabilitasi. Terlebih lagi jenis binatang piaraan. Pasalnya binatang piaraan dianggap mampu menjadi pendorong yang mendorong kontak antar pribadi, mobilitas, dan sosialisasi.

Oleh sebab itu, tidak mengejutkan jika banyak yang mengatakan bahwa binatang piaraan mampu meningkatkan interaksi antara mereka yang menderita cacat fisik atau kesepian.

Bahkan dikatakan juga jika berkat memiliki binatang piaraan, pemiliknya mampu mengurangi resiko kematian dan menghindari penyakit yang berhubungan dengan kecemasan dibanding meraka yang tidak memiliki binatang piaraan.

Meskipun binatang piaraan memiliki manfaat yang sangat banyak, tapi khusus untuk para orang tua ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau diingat betul. Hal ini berkaitan dengan cara memilih bianatang piaraan yang tepat untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *