tips membeli rumah

Tips Bagi Generasi Milenial Agar Cepat Dan Mudah Memiliki Rumah Sendiri

Setiap tahunnya harga properti seperti halnya rumah selalu mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Apalagi jika rumah tersebut terletak di daerah yang strategis. Melihat fakta yang semacam itu, tampaknya keinginan para generasi milineal untuk membeli rumah akan semakin sulit.

Kini rumah bisa dikatakan sebagai salah satu kebutuhan primer yang cukup sulit untuk dipenuhi. Memang untuk membeli sebuah rumah ada banyak cara yang bisa dipilih. Sayangnya terkadang ada berbagai persyaratan yang cukup sulit untuk dipenuhi, khususnya untuk para generasi milenial.

Salah satu contoh paling dekat adalah minum gaji yang bisa diterima ketika ingin mengajukan permohonan kredit rumah. Namun sebenarnya bukan masalah besaran gaji yang disyaratkan, tapi lebih kepada kesiapan para generasi milenial untuk bertahan dengan gaji yang dipotong yang mengharuskannya untuk hidup lebih berhemat dalam beberapa tahun ke depan.

Selain harga rumah yang semakin tinggi, sebenarnya ada kendala lain yang sering dikeluhkan oleh para generasi milenial saat ingin membeli rumah. Apalagi jika bukan harga DP rumah yang masih cukup besar.
Namun terlepas dari itu semua, alangkah lebih bijaknya jika tidak menjadikannya sebagai kendala atau hambatan. Pasalnya masih banyak solusi yang bisa Anda terapkan. Artinya generasi milenial pun sebenarnya berpeluang bisa membeli rumah dengan cepat dan mudah.

Menabung Untuk DP Rumah
Mungkin tips yang satu ini sudah pernah Anda dengar beribu-ribu kali. Namun bisa dikatakan jika inilah langkah awal yang harus Anda usahakan, yakni menabung untuk DP rumah yang ingin Anda beli.

memilih rumah minimalis

Menurut berbagai hasil penelitian, ternyata kesulitan utama memiliki rumah adalah tidak memiliki dana untuk membayar uang muka yang merupakan salah satu syarat utama ketika ingin mengajukan KPR. Sementara itu, mengajukan KPR ke bank untuk membeli rumah dikatakan sebagai langkah terbaik yang bisa dipilih untuk saat ini.

Oleh sebab itu, suka tidak suka, setuju tidak setuju, uang muka atau DP rumah harus dikumpulkan jika Anda ingin memiliki rumah sendiri. Dan cara termudah untuk mengumpulkan DP adalah lewat menabung. Sayangnya masih cukup banyak yang kurang bijak dalam mengelola keuangannya. Sehingga yang terjadi adalah mereka kesulitan untuk mengumpulkan DP rumah.

Ada salah satu survey yang dilakukan oleh Acorn pada tahun 2015 yang menunjukkan jika hampir separuh anak muda justru menghabiskan uang lebih banyak untuk nongkrong di kedai kopi dibanding menabung untuk persiapan pensiun. Dan fakta ini tampaknya juga dialami oleh para generasi milineal saat ini.

Lalu bagaimana agar tidak mengalami hal yang sama? Cara paling efektif sebenarnya adalah menabung pada saat baru menerima gaji. Jangan justru menundanya sampai akhir bulan. Usahakan saat gaji masuk rekening, Anda langsung menyisihkan sebagian untuk DP rumah.

Memanfaatkan KPR
Sebenarnya cukup banyak instrumen yang bisa dipilih oleh para generasi milineal agar cepat dan mudah memiliki rumah sendiri. Salah satunya adalah dengan cara memanfaatkan KPR. Tapi dengan catatan pilihlah program KPR dengan tenor yang sesuai dengan kemampuan.

Umumnya, maksimal cicilan KPR harus dilunasi sebelum usia Anda menginjak usia pensiun, yakni di atas 55 tahun. Melihat usia generasi milenial yang masih cukup muda, kenapa Anda tidak memanfaatkan KPR dengan tenor yang panjang, semisal 25 tahun.

Yang perlu diingat lagi adalah generasi milenial sebaiknya sudah mulai memikirkan memiliki rumah sendiri untuk kebutuhan masa depannya kelak. Jangan sampai Anda hanya fokus pada gaya hidup yang premium dan serba branded.

Selain itu, jangan memaksakan untuk membeli rumah secara cash. Sebab di sisi lain ada cara yang lebih ringan yang bisa dipilih, yakni membeli rumah dengan cara kredit. Setidaknya dengan mulai berpikir seperti ini, Anda perlahan akan mulai mengurangi gaya hidup boros dan mulai menyisihkan uang untuk keperluan beli rumah lewat KPR atau KPA.

Manfaatkan Status Sebagai Pegawai
Cukup banyak perusahaan-perusahaan di Indonesia yang memberikan bantuan kepada para pegawainya yang ingin membeli rumah dengan cara KPR. Siapa tahu perusahaan tempat kerja Anda juga menawarkan kebijakan ini. Atau jika ingin mengambil langkah yang lebih ektrim, Anda bisa mencari tempat kerja yang memang dikenal memberikan fasilitas cicilan kepada para pegawainya.

Untuk urusan yang satu ini, sebenarnya Pegawai Negeri Sipil atau PNS lebih diuntungkan. Pasalnya rata-rata para PNS akan lebih mudah mendapatkan persetujuan dari pihak bank yang menawarkan program KPR. Alasannya adalah karena gaji PNS serta berbagai tunjangannya dirasa cukup aman untuk menyicil rumah.

Jangan Menunda Dan Sesuaikan Dengan Kemampuan
Jangan pernah menunda jika ada rencana ingin membeli rumah. Apalagi jika melihat harga properti yang setiap tahunnya bisa dikatakan selalu mengalami kenaikan. Nah, langkah paling realistis yang bisa Anda lakukan adalah sesuaikan rumah impian dengan kemampuan Anda.

dapur minimalis

Anda harus berpikir jika tidak ada hunian yang 100% sempurna. Tapi di sisi lain akan selalu ada solusi terbaik jika Anda lebih cermat dalam menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. Misalnya saja tidak masalah membeli rumah di pinggiran kota. Namun dengan catatan hunian Anda dekat dengan fasilitas transportasi. Atau jika situasi mengharuskan Anda untuk tinggal di pusat kota, Anda bisa membeli apartemen.

Para generasi milenial harus memiliki niatan untuk memiliki rumah sendiri. Pasalnya, rumah adalah aset untuk masa depan. Nah untuk para generasi milenial yang ingin membeli rumah, memang harus sedikit memaksakan diri.
Apalagi kini persyaratan untuk mengajukan permohonan KPR pun dirasa cukup mudah. Pasalnya Anda cukup menyiapkan kelengkapan dokumen pribadi seperti fotocopy KTP sendiri atau dengan pasangan, fotocopy KK, fotocopy surat nikah, dan fotocopy NPWP. Kemudian Anda biasanya juga akan diminta untuk melampirkan slip gaji 3 bulan terakhir dan surat keterangan kerja.

Sementara itu untuk wiraswasta biasanya diminta juga untuk melampirkan SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan, TDP atau Tanda Daftar Perusahaan, dan laporan keuangan selama tiga bulan terakhir.
Meskipun cukup banyak instrumen yang bisa dipilih oleh para generasi milenial untuk membeli rumah, sayangnya masih cukup banyak para generasi milenial yang merasa memiliki rumah sendiri di usianya adalah hal yang tidak mungkin.

Namun jika memang Anda ada niatan keras untuk memiliki rumah sendiri dan mencoba menerapkan beberapa tips di atas tadi, bukan tidak mungkin impian Anda untuk memiliki rumah sendiri di usia muda bisa terwujud.
Apalagi jika Anda perhatikan saat ini, sudah banyak para generasi milenial yang berhasil membuktikan jika memiliki rumah sendiri di usianya yang masih cukap muda bukanlah hal yang mustahil untuk diwujudkan.

Namun cara paling terbaik adalah sesuai gaya hidup Anda agar bisa lebih banyak kesempatan untuk menabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *