jajanan tradisional

Yuk Intip Daftar Makanan Jadul Yang Kini Hits Kembali

Selain dikenal dengan keindahan alamnya, jenis bahasa, Indonesia atau Nusantara juga terkenal dengan banyaknya makanan jadulnya. Kekayaan budaya Nusantara membuat negeri ini punya ragam kuliner yang sangat berlimpah dengan cita rasa khas yang sangat lezat. Tidak mengherankan jika kelezatan kuliner khas Indonesia ini bisa terkenal hingga ke penjuru dunia.

Banyak lidah luar negeri yang mengakui kenikmatan kuliner khas Nusantara. Bahkan mereka rela jauh-jauh datang ke Indonesia hanya untuk mencicipi makanan khas Indonesia yang dikenal memiliki cita rasa yang kuat. Bahkan bisa dikatakan setiap daerah yang ada di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing.

Makanan Jadul Yang Masih Digemari Kaum Milenial

Di era globalisasi, membuat banyak sendi aspek kehidupan berubah dengan sangat cepat. Dan pengaruh globalisasi ini juga mempengaruhi kuliner yang ada di Indonesia. Kini cukup banyak kuliner yang memiliki cita rasa luar negeri.
Namun di tengah semakin maraknya jenis makanan khas luar negeri tersebut, ternyata tidak mampu menggerus keunikan cita rasa dari makanan jadul khas Indonesia. Bahkan bisa dikatakan jajanan tradisional tersebut kini namanya mulai hits lagi. Tidak jarang restoran-restoran terkenal justru menyediakan menu jajanan jadul tempo dulu tersebut.

Nah, berbicara mengenai makanan tempo dulu yang masih hits hingga saat ini sebenarnya banyak sekali ragam jenisnya. Namun di sini akan coba dipilihkan 5 jajajan tradisional yang kini mulai dicari oleh oleh para kaum milenial.

1. Onde-Onde
Perpaduan antara rasa manis, asin, dan gurih yang sempurna membuat onde-onde banyak digemari orang-orang. Onde-onde ini bisa Anda temui dalam berbagai ukuran serta tekstur. Ada yang terbuat dari adonan tepung ketan yang ditaburi wijen dan ada pula yang dibuat dengan menggunakan tepung terigu yang diberi warna pada permukaannya.

2. Klepon

Makanan jadul ini kini mulai disajikan di restoran-restoran dan cafe papan atas sebagai teman high-tea. Memiliki bentuk bulat dengan tekstur yang kenyal membuat lidah tidak mau berhenti melahapnya. Taburan kelapa parut dan isi gula jawa mampu menyebakan ledakan rasa manis yang akan memenuhi ronga mulut. Hal itulah yang membuat klepon sampai dijuluki valcano-nya Indonesia.’

3. Serabi
Sebenarnya cukup banyak jenis serabi yang dikenal di Indonesia. Ada yang manis dan ada juga yang asin. Jajajan jadul yang satu ini sangat pas untuk menemani waktu santai Anda di rumah bersama keluarga tercinta.

4. Kue Balok
Kue balok ini sebenarnya merupakan jajajan tradisional khas Bandung yang sampai saat ini masih begitu populer. Padahal kue balok sendiri sudah mulai dikenal oleh masyarakat Bandung sejak tahun 1950-an.

5. Kue Cubit
Kue cubit ini bisa dikatakan sebagai salah satu jajajan jadul yang masih eksis hingga sekarang. Bagi Anda yang penasaran, kue cubit ini banyak dijual di depan sekolah-sekolah SD sebagai cemilan saat jam istirahat. Uniknya banyak orang dewasa yang rela mengantri dengan anak SD hanya untuk membeli jajanan kue cubit yang penuh nostalgia ini.

gemblong

Makanan Kekinian VS Jajajan Tradisional

Siapa bilang merebaknya makanan kekinian semakin mengikis minat terhadap makanan jadul. Justru kini banyak jenis makanan tempo dulu yang namanya mulai naik lagi. Selain itu, jika boleh jujur ada beberapa makanan kekinian yang sebenarnya inspirasinya diambil dari makanan jadul, misalnya saja seperti:

1. Banana Nugget Vs Gemblong
Meskipun isi dan rasanya berbeda, namun sebenarnya secara tampilannya banyak kemiripan. Padahal bahan utama yang digunakan untuk membuat keduanya sebenarnya sangat berbeda.
Banana nugget merupakan makanan kekinian yang dibuat dari pisang dan dibalut dengan tepung pada saat digoreng. Hal inilah yang membuat teksturnya menyerupai nugget. Sementara itu gemblong dibuat dari adonan tepung beras ketan putih dan dibalut dengan gula merah.

2. Dorayaki vs Kue Kamir
Bagi pecinta serial kartun Doraemon pasti tidak asing lagi dengan kue Dorayaki. Dulu Dorayaki hanya bisa Anda lihat di TV saja. Namun kini kue ini sudah banyak dijual di mall-mall yang ada di kota-kota besar.

Namun banyak yang belum menyadarinya jika Dorayaki ini sebenarnya sudah lama ada di Indonesia. Di penjual jajajan tradisional, Anda bisa menemukan Kue Kamir yang jika dilihat sekilas sama persis dengan Dorayaki.

3. Bola Ubi Kekinian vs Ubi Gula Merah
Salah satu jajajan tradisional khas Indonesia bernama Ubi Gule Merah kini sudah memiliki versi modern-nya. Jajanan tersebut kini berubah nama menjadi Bola Ubi. Namun sebenarnya yang membedakannya hanya terletak pada isinya saja.

Jika Bola Ubi versi makanan jadul diisi dengan gula merah yang meleleh, maka Bola Ubi versi kekinian banyak variasinya. Ada Bola Ubi tanpa isi, ada yang ditambah dengan dipping seperti nutella, cokelat, hingga yang dilumeri denga topping green tea dan keju.

4. Roti Bun vs Roti Sobek
Selain Ubi Gula Merah, Roti Sobek bisa dikatakan sebagai salah satu jajanan tradisional yang mengalami cukup banyak inovasi. Jika boleh flashback ke zaman dulu, masih ingatkah Anda dengan roti sobek isi yang banyak dijual di toko kelontong dan warung-warung yang di dalamnya berisi keju atau cokelat atau srikaya.

Tapi kini ada roti yang secara penyajian ada kemiripan dengan roti sobek ini, yaitu roti bun. Namun sebenarnya yang membedakannya adalah isi roti yang lebih bervariasi, mampu membuat semakin lumer setelah berada di dalam mulut.

5. Smoothies Bowl vs Sop Buah
Coba perhatikan dengan lebih seksama kedua makanan ini. Secara tampilan sop buah tidak kalah dengan smoothies bowl. Selain itu secara rasa sebenarnya juga sebelas dua belas jika boleh jujur.
Kalau smoothies bowl berisi jus dan potongan-potongan buah yang membuat teksturnya agak kental dan padat, lain halnya dengan sop buah. Sop buah berisi potongan buah segara yang airnya tidak kental.

6. Crepes vs Leker
Masih ingatkah Anda dengan makanan tradisonal yang satu ini. Kini jajanan jadul bernama leker sudah memiliki kembaran yang oleh masyarakat sering disebut dengan crepes. Padahal sebenarnya crepes sendiri pembuatannya terinspirasi dari leker.
Saat ini crepes bisa dengan mudah Anda temukan di hampir seluruh mall. Dan bisa dikatakan jika dissert yang satu ini semakin populer. Namun sebenarnya yang berbeda antara crepes dan leker ini hanya terletak pada isinya saja.

7. Chesse Cake Kekinian vs Bolu Kampung
Ada salah satu makanan tradisional yang secara tampilan mirip dengan chesse cake kekinian. Orang dulu sering menyebutnya dengan nama bolu kampung. Bahkan jika diperhatikan lebih detail lagi, perbedaan antara keduanya hanya terletak pada isinya saja.

Sebenarnya jika Anda mau menilai secara obyektif, sebenarnya banyak sekali makanan modern yang merupakan hasil pengembangan atau inovasi dari makanan tradisional. Namun jika boleh jujur, secara rasa sebenarnya masih original yang makanan tempo dulu. Jadi wajar saja jika kini banyak makanan jadul yang namanya mulai naik lagi ke permukaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *