Bermain Sambil Belajar di Game Tic-Tac-Toe, Ini Strategi Memenangkannya

 Bermain Sambil Belajar di Game Tic-Tac-Toe, Ini Strategi Memenangkannya
Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu tic-tac-toe? Ini adalah salah satu permainan strategi yang menantang dan dapat dimainkan dengan cepat. Umumnya game ini dimainkan dalam waktu kurang lebih satu menit. Kenapa begitu? Karena kita hanya perlu mengisi grid yang berukuran 3×3.

Apa itu tic-tac-toe?

Konon Tic-tac-toe adalah permainan asah otak yang sudah ada sejak tahun 1300 sebelum masehi. Dahulu permainan ini ditemukan di atas genteng. Pada masa kekaisaran Romawi, tic-tac-toe dikenal dengan sebutan tiga kerikil sekaligus atau ‘terni lapilli’. Pada perkembangannya permainan ini akhirnya terus mengalami perkembangan. Eksistensi perjalanan tic-tac-toe bermula pada tahun 1858, saat itu permainan ini dipublikasikan pertama kali di Inggris dengan sebutan noughts and crosses. Kemudian pada tahun 1884 di Amerika permainan ini dikenal sebagai permainan anak-anak yang dimainkan di atas kertas atau batu tulis. Hingga pada tahun 1975 tic-tac-toe berhasil dijadikan sebagai computer game. Eksistensi tic-tac-toe kini semakin banyak diminati di setiap kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Pada dasarnya, permainan ini memiliki nama yang berbeda di setiap daerah. Di Indonesia permainan ini dikenal dengan sebutan catur Jawa, sedangkan di negara lain kita akan mengenal banyak nama unik mulai dari tic-tac-toe seperti Exy-Ozys. X’s and O’s, Naughts and crosses, dan Xsie-Osies.

Cara bermain tic-tac-toe

Permainan ini dimainkan di atas papan atau di kertas dengan membentuk grid berukuran 3×3. Cara bermainnya adalah dengan menandai huruf X atau O di kotak yang diinginkan. Tujuan dari permainan ini yaitu untuk mencegah lawan memiliki deretan simbolnya seperti XXX atau OOO. Oleh karena itu pemain harus memikirkan strategi apa yang mereka gunakan agar lebih dahulu menempatkan deretan simbol mereka. tic-tac-toe Cara bermainnya dapat dimulai dengan mempersiapkan kotak grid. Untuk ukuran kotak bisa kamu sesuaikan sendiri karena tidak ada ukuran resmi untuk permainan ini. Kemudian setelah grid sudah berhasil dibuat, para pemain harus memilih X atau O sebagai simbolnya. Setelah itu, lakukan lempar koin atau suit batu, gunting, kertas untuk menentukan siapa pemain yang akan memulai terlebih dahulu. Bagi pemain yang mulai pertama Ia dapat memosisikan simbolnya di mana pun yang Ia inginkan. Lawan pun harus pintar memosisikan simbolnya untuk mencegah deretan simbol pertama yang jalan terlebih dahulu. Berdasarkan cara bermain tersebut, permainan tic-tac-toe bukan hanya sebagai ajang kompetisi saja melainkan permainan ini lebih mengajarkan pemainnya tentang struktur dan letak titik serta hubungannya dengan garis dalam sebuah bidang.

Cara memenangkan permainan tic-tac-toe

Ingin menjadi jagoan dalam permainan ini? Kalau begitu, kamu perlu mencoba untuk menjalankan strategi khusus agar kemenangan berada di pihakmu. Pada dasarnya permainan ini dimainkan tidak membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika kamu sudah menguasai strateginya maka kalian akan dapat dengan mudah ditaklukkan. Jika kamu adalah pemain pertama, maka kamu bisa meletakkan simbol di tengah grid. Ini akan menghalangi kemungkinan lawan untuk memenangkan permainan. Cara kedua yaitu dengan meletakkan simbol pada ujung di setiap sisi. Cara ini dijamin berhasil karena kemungkinan lawan mencegah deretan simbol akan semakin kecil dan otomatis kamu lah yang akan menjadi pemenang dalam permainan seru ini. Nah sekarang kamu sudah tahu cara memainkan dan memenangkan game ini. Cukup mudah, kan? Kini waktunya kamu coba praktikkan sendiri dan rasakan bagaimana sensasi bermain sambil belajar bersama teman melalui game tic-tac-toe. Selamat mencoba!
Sekarang Kamu sudah bisa buat Event keren kamu bareng teman-teman di Lifeclub.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.